Solusi Unicycle Stretcher Untuk Mengevakuasi Korban di Medan Yang Sulit

Michael Adda, left, and Ro’ee Etyanash testing their innovative stretcher at the Technion in Haifa. Photo: courtesy

 

Michael Adda yang berkebangsaan Perancis dan Ro’ee Etyanash  dari Etiopia, keduanya adalah mahasiswa Technion  yang bekerja sama dengan Segal Bikes dan selalu berkonsultasi dengan Miki Fischler dan Dan Shafry anggota dari EMS United Hatzalah  (sebuah jaringan relawan SAR dibawah naungan Israelife Foundation) membuat purwarupa tandu atau kereta dorong beroda tunggal yang dinamakan Unicycle Stretcher.

Tandu atau kereta dorong roda tunggal ini beratnya hanya 15 kilogram, memungkinkan 2 orang menarik dan mendorong menjelajahi medan evakuasi yang sulit dijangkau oleh kendaraan pengangkut korban semacam ambulans atau helikopter. Daya dorong kereta ini bertumpu pada roda besar yang melekat di bawah kereta dorong itu.

Shafry adalah seorang insinyur. Idenya membuat kereta dorong roda tunggal ini didapat manakala ia melihat kursi roda tunggal yang digunakan oleh NGO Israeli Etgarim pada waktu menyelenggarakan acara latihan hiking di medan jelajah yang sulit.  Ia mengatakan pada ISRAEL21c, bahwa purwarupa Unicycle Stretcher akan di tweak (melakukan sedikit perubahan untuk meningkatkan performa sebuah hardware atau software) pada tahun depan, agar menjadi lebih ringan, dapat dilipat dan dibuka, serta dapat ditenteng oleh seorang pengguna saja.

Israel memiliki banyak wilayah yang berbukit terjal dan hanya ada jalan setapak untuk melintasinya sehingga diperlukan sepeda untuk menjangkau daerah seperti ini. Roda Unicycle Stretcher dirancang sedemikian rupa untuk bisa menjangkau daerah evakuasi dan rancangan purwarupa ini lebih ringan, lebih cepat dibongkar pasang dan lebih mudah dilipat. Karena kondisi wilayah yang seperti itu, maka Segal Bikes (sebuah perusahaan sepeda) memasok roda khusus yang tahan tusukan batuan atau kerikil tajam.

Adda dan rekan desainer nya bertahan pada prinsip, bahwa kereta dorong itu harus punya lebar 60 centimeter saja, supaya tidak menerjang pohon-pohon dikiri-kanan sepanjang perjalanannya.  Harapannya dimasa mendatang, alas kereta dapat terbuat dari magnesium ultra ringan, sebab model yang sekarang menggunakan alumunium saja dan dapat menahan beban sampai 300 kilogram

Fischler menambahkan: “saya berharap, tahun depan kita akan memiliki produk yang lebih sempurna”.

 

A closeup of the Adventure Stretcher. Photo courtesy of United Hatzalah

 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *