Smart Suitcase Samsara: Koper Yang Disinkronkan Dengan Smartphone Pemiliknya

Photo courtesy of Nocamel.com

 

Di abad milenium,  sepertinya semua hal bisa menjadi barang pintar, mulai dari telepon seluler, perangkat rumah tangga, dan yang terakhir ini adalah koper.  Samsara (dalam bahasa Sanskerta berarti “gerakan terus menerus’), adalah koper pintar dengan berbagai keunggulan.

Perusahaan koper Samsara didirikan oleh Atara Dzikowski dan David Dahan, dimana mereka menciptakan sebuah koper yang menawarkan kombinasi antara desain ramping dan teknologi praktis yang disinkronkan dengan smartphone pemiliknya.  Produk baru ini mulai tersedia pada bulan November dan masyarakat sudah mulai meliriknya saat perusahaan yang memproduksinya, menawarkan melalui kickstarter.

 

Seperti apakah koper pintar Samsara itu?

Koper ini bagian luarnya menggunakan paduan alumunium 6061 dan 5052 yang menggabungkan titanium, magnesium dan zinc, sehingga koper ini mempunyai kualitas tahan lama, tahan api dan tampilan luar yang ringan.  Perancang memasang roda yang terintegrasi ke dalam bagian alas koper ini  dan menambahkan luas ruang penyimpanan. Koper ini juga dilengkapi dengan bidang datar yang bisa dilipat dan digunakan sebagai tempat kerja yang nyaman bagi para wisatawan yang sibuk.

Koper ini benar-benar pintar karena sudah terpasang dengan smartphone pemiliknya. Koper ini akan mengirimkan pemberitahuan kepada pemiliknya melalui aplikasi saat terpisah dengan pemiliknya sampai jarak tertentu. Koper itu juga mempunyai pencahayaan LED otomatis yang menyala saat merasakan kegelapan, dan dapat mengisi daya batere lebih dari 10 kali dalam satu muatan baterei koper.

Koper pintar Samsara yang berharga $690, masuk ke pasar smart luggage dan bersaing dengan ‘Radan and G-Ro’, serta ‘NUA Robotics’ yang menyediakan teknologi serupa namun masih mematok harga sedikit lebih rendah dibandingkan Samsara.  Koper Radan and G-Ro berukuran 22 inchi dijual dengan harga $300,  $450 dan $600. Sedangkan koper NUA Robotics berukuran lebih kecil, tanpa pegangan tangan dan menggunakan Bluetooth yang bisa mengikuti kemana pemiliknya pergi.

Desain koper Samsara ini benar-benar berbeda dengan pesaingnya. “Idenya adalah memberi konsumen sesuatu yang lebih daripada sekedar kotak yang diletakkan pada saat bepergian”;  “Hal Ini memberi pemahaman bahwa perjalanan sekarang berbeda, karena kita harus terhubung setiap saat dengan semua orang, dan kita memerlukan desain ergonomis yang bisa kita manfaatkan semaksimal mungkin” .“ Yang kami tawarkan disini adalah kombinasi antara desain dan kecerdasan. Tagline kita adalah ‘look smart and travel smart’”, demikian kata Dzikowski kepada NoCamels.

 

Photo Courtesy of NoCamels.com
Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *