Revolusi Air Israel Untuk Mengatasi Kebutuhan Air Di Negara Gurun

A desalination plant in Ashkelon. Photo via Shutterstock

 

Air menjadi masalah yang sangat mendasar bagi negara Israel dimana 2/3 bagian wilayahnya adalah gurun pasir yang tidak terlepas dari masalah kekeringan. Namun demikian, negara ini memiliki cukup air (ada danau Kineret/Laut Galilea dan daerah hulu sungai Hermon) untuk menopang kebutuhannya dengan menerapkan manajemen air melalui upaya konservasi air, pengolahan air limbah untuk digunakan kembali dan desalinasi atau proses memisahkan garam dari air laut menjadi air minum yang layak dikonsumsi.

Dalam mengelola air, negara dibebani oleh banyak hal yang dikenal dengan istilah “ekonomi air” , yaitu dibutuhkannya investasi yang sangat mahal untuk mengelola sumber daya air yang dimanfaatkan bagi kepentingan negara dan warga negaranya.

Israel sudah mencapai banyak kemajuan dalam bidang pengelolaan air melalui upaya desalinasi dan reklamasi sumber daya alam yang berharga ini.  Negara telah menggunakan lebih dari 80% air limbah untuk irigasi. Ini merupakan prestasi tertinggi di dunia, dibandingkan dengan Amerika Serikat yang hanya menggunakan 1%.

Perusahaan pengelolaan air Mekorot mempunyai target yang lebih tinggi dari itu. Teknologi desalinasi dikembangkan sedemikian rupa sehingga ongkos produksinya bisa lebih murah, hasil proses nya lebih bersih, lebih hemat energi, dan tentunya menawarkan satu solusi mengatasi krisis air di Israel, bahkan krisis air dunia.

Mekorot adalah perusahaan nasional pengangkut air Israel. Tugas utamanya adalah memindahkan air dari Laut Galillea ke bagian utara negara ini untuk memenuhi kebutuhan air bagi penduduk dari utara ke selatan. Proses pengangkutan itu sendiri berupa pipa air raksasa, kanal terbuka,  terowongan, waduk dan stasiun pemompaan berskala besar.

Dalam satu dekade terakhir, Israel telah membuka 5 pabrik desalinasi yang akan menghasilkan total lebih dari 130 miliar gallon air minum per tahun dan ditargetkan menjadi 200 miliar gallon pada tahun 2020.

Kemajuan ini sangat transformatif sehingga banyak pihak yang menjulukinya sebagai Revolusi Air.

 

Artikel bersumber dari israel21c.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *