Raziel Therapeutics Menawarkan Solusi Bagi Mereka Yang Mengalami Obesitas

Image via Shutterstock.com

 

Bukan rahasia lagi bahwa obesitas telah menjadi epidemi di seluruh dunia. Biaya untuk mengobati obesitas di Amerika Serikat saja diperkirakan akan meningkat dari $325 miliar pada tahun 2014 menjadi $555 miliar per tahun pada 2025. Federasi Obesitas Dunia memprediksi akan ada 2,7 miliar orang dewasa yang kelebihan berat  badan dan obesitas pada saat itu. Amerika Serikat sudah mencapai titik maksimum peningkatan obesitas pada 2014. Negara-negara berkembangpun diperkirakan akan berada pada tingkat obesitas yang serupa dalam periode waktu yang sama jika tidak berusaha untuk berubah.

Raziel Therapeutics merupakan sebuah perusahaan kecil saat ini dan termasuk sebagai startup medis di Yerusalem yang memiliki ambisi besar karena menghadapi tantangan obesitas secara langsung.  “Saat ini tidak ada pengobatan untuk obesitas yang bekerja dengan baik dan membuat dunia lebih sehat”, kata Alon Bloomenfeld, CEO perusahaan tersebut kepada ISRAEL21c.

Kita telah mengenal BOTOX,  yaitu suntikan untuk mengurangi keriput. Reziel sedang mengembangkan suntikan yang tidak hanya menghaluskan kulit, tetapi justru mampu meluluhkan sel-sel lemak. Tidak seperti BOTOX, pendekatan pembakaran lemak Reziel memiliki potensi untuk memberikan hasil lebih banyak dari pada hanya sekedar memberikan hasil yang lebih baik.

Obat Raziel melakukan dua hal saat disuntikkan.  “Yang pertama, menghilangkan sel lemak itu sendiri. Kedua, menunda proliferasi sel-sel lemak baru”, Bloomenfeld menjelaskan. Obat Raziel bekerja dengan cara menghasilkan panas  menggunakan beberapa asam lemak bebas yang diproduksi oleh sel lemak di dalam tubuh, dan pada gilirannya akan mengurangi jaringan lemak.

Seperti halnya BOTOX,  suntikan Raziel mentargetkan area tertentu di dalam tubuh (karena ini bukan pil yang bekerja secara umum) dan perawatan ini hanya untuk jangka waktu terbatas. “Tidak ada obat yang berlangsung selamanya,” kata Bloomenfeld.  “Tubuh menemukan cara untuk pulih”.  Jadi, pasien harus segera kembali ke dokter secara teratur untuk mendapatkan suntikan baru.  Hal itu merupakan satu kesamaan dengan BOTOX.  Bloomenfeld mengharapkan suntikan itu akhirnya akan tersedia di ruang praktek dokter.

Hasil uji coba klinis pertama Raziel di Amerika Serikat sangat menggembirakan. Mereka menunjukkan pengurangan lemak di bawah kulit  antara 30-50% di tempat yang diobati setelah satu suntikan.

Bloomenfeld bukan ilmuwan, dia memiliki pengalaman 20 tahun dalam mengelola startup, 10 tahun di biotek dan 10 tahun di bidang teknologi tinggi. Otak medis di belakang Reziel Therapeutics adalah Prof. Shmuel Ben-Sasson, yang mengemukakan gagasannya saat mengajar pada Hebrew University Hadassah Medical School di Jerusalem. Ben-Sasson sedang mengerjakan perawatan yang berbeda saat dia melihat secara tidak sengaja bahwa pada saat obatnya disuntikkan ke tikus, ternyata jaringan lemaknya hilang.

Perusahaan Raziel sebelumnya termasuk Tiltan Pharma yang mengembangkan obat anti kanker Chiasma,  yang menangani penderita acromegaly (kelainan yang diakibatkan oleh hormon pertumbuhan berlebih) dan Keryx Biopharmaceuticals yang mengembangkan obat untuk penyakit ginjal.

Pada 2012 Raziel yang memiliki tim beranggotakan 7 orang, mengajukan proposal untuk pendanaan ke Israel Innovation Authority, Venture Capital Firm Pontifax (yang berfokus pada perawatan kesehatan), dan the Van Leer Technology Incubator.

Perawatan Raziel dirancang agar lebih aman daripada operasi bariatric (operasi untuk pasien obesitas yang akan membuat pasien merasa cepat keyang), yang efek pelangsingannya mungkin baru kelihatan setelah setahun dan kemungkinan hasilnya lebih tidak baik, kata Bloomenfeld;  “kecuali bila Anda mengubah pola makan dan latihan yang dilakukan setelah operasi”.

Jika menggunakan therapi suntik seperti yang ditawarkan Raziel, obatnya akan terus bekerja walau Anda tetap makan. Namun seperti yang disarankan oleh Johanes Ralston, CEO World Obesity Federation,   baik itu operasi atau mengurangi lemak dengan terapi panas, hasilnya akan maksimal jika perawatan-perawatan tersebut diimbangi dengan pengelolaan berat badan dan memperbaiki gaya hidup.

 

Selengkapnya ada di sini.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *