Buat yang Belum Tahu, inilah Peta 400 Startups Menggunakan Teknologi AgriTech

 

 

Saat ini ada lebih dari 400 perusahaan agritech Israel yang memiliki inovasi di sektor pertanian global, demikian informasi dari Start-Up Nation Central  dan Greensoil Investments.

Start-Up Nation Central (SNC) adalah organisasi nirlaba yang independen dan berkomitmen untuk memanfaatkan pengetahuan dan juga menjadi penghubung antara para pebisnis, pemerintah dan LSM dari seluruh dunia dengan orang-orang dan teknologi di Israel untuk membantu mengatasi  berbagai tantangan dan menciptakan nilai bagi ekosistem inovasi Israel.  Sementara Greensoil Investments adalah sebuah perusahaan modal ventura AgriTech setempat yang mendanai perusahaan-perusahaan di sektor pertanian dan bahan makanan serta membangun sektor inovasi.

SNC dan Greensoil Investments menggunakan platform Start-Up Nation Finder untuk membangun taksonomi yang mengidentifikasi berbagai sub kategori di bidang agritech. Hal ini gambarkan pada peta pasar agritech Israel yang memvisualisasikan pilihan perwakilan perusahaan di setiap kategori.

 

Peta Agritech bisa di download di sini.

 

Berikut adalah deskripsi masing-masing kategori menurut Start-Up Nation dan Greensoil dengan contoh perusahaan.

  • Biotech – Biasanya melibatkan pembiakan tanaman dan bakteri dengan sifat yang lebih baik untuk membantu pertumbuhan tanaman. Beberapa perusahaan menggunakan teknologi genetika untuk hal itu. Perusahaan yang ada di bidang ini diantaranya Groundwork BioAg, Rootility, dan Kaiima.
  • Smart Farming – Teknologi berbasis data memanfaatkan data yang besar dan analisis prediktif untuk membantu petani membuat keputusan yang lebih baik mengenai masalah pertanian sehari-hari (irigasi, manajemen hama, manajemen risiko, dll). Beberapa perusahaan yang ada di kategori ini contohnya adalah Taranis, Phythech, Cropx, dan Prospera
  • Crop Protection and Fertilizers – Bahan biologis atau kimiawi yang digunakan untuk melindungi tanaman dari hama & penyakit, tidak beracun dan ramah lingkungan. Perusahaan yang ada di kategori ini diantaranya Biofeed atau EdenShield.
  • Machinery and Robotics – Perusahaan yang membangun semua jenis robotika, mesin, dan peralatan yang digunakan terutama untuk pertanian bekerja secara otomatis. Metomotion adalah salah satu contohnya.
  • Irigation and Water Management – Israel terkenal dengan inovasi di bidang pengairan, namun ada perusahaan baru yang menciptakan metode irigasi dan efisiensi air yang inovatif, seperti Neotop yang mencakup waduk air dan Emefcy yang menciptakan Air Limbah yang Hemat Energi.
  • Post Harvest – Teknologi untuk mengurangi kerugian paska panen dengan berbagai cara (misalnya, proses penyimpanan, pengemasan, perawatan dan teknologi pengelolaan iklim). Contoh untuk perusahaan-perusahaan ini dapat ditemukan di Amaizz yang berhubungan dengan produk pengeringan atau Valentis Nanotech, yang memproduksi polimer untuk pelapisan.
  • Farm to consumer – Perusahaan yang memanfaatkan model bisnis baru untuk mempersingkat dan menyederhanakan rantai pasokan dengan menghubungkan peternakan ke konsumen akhir. Biasanya dilakukan melalui platform digital. Salah satu contohnya adalah Avenews-GT yang membangun platform perdagangan digital yang menghubungkan pedagang makanan dengan produsen.
  • Novel farming systems – Sistem inovatif untuk menanam tanaman, jenis rumah kaca baru, pertanian perkotaan, hidroponik, dan aquaponics. Contoh perusahaannya adalah FloraFotonica.
  • Livestock – Perusahaan yang menciptakan teknologi bagi hewan ternak dan hewan peliharaan. Dengan perusahaan vaksinasi massal seperti adst Technologies dan deteksi jenis kelamin sebelum telur pecah pada anak ayam
  • Waste Technologies – Pengolahan kotoran ternak, pupuk serta limbah makanan untuk mengurangi zat berbahaya dan melakukan pengolahan dan menggunakan kembali bahannya. Contoh perusahaan adalah 3PLW dan HomeBiogas yang mengubah sampah organik menjadi bioplastik dan gas untuk memasak
  • Special Crops – Perusahaan yang menangani tanaman obat seperti tanaman yang memperbaiki jaringan sel di tubuh manusia, seperti Collplant untuk produk berbasis ganja dalam kasus Inovasi Corsica
  • Aquaculture- Kategori Ini adalah perusahaan yang mengembangkan teknologi untuk menumbuhkan sesuatu di dalam air (misalnya: Algalo), ikan atau makanan laut (misalnya BioFishency)

 

Sumber artikel dari agfundernews

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *