Ini Dia Mobil Unik Yang Bisa Menyusut: City Transformer Folding Car

The concept City Transformer folding car being assembled in Petah Tikva, October 2017. Photo: courtesy

 

Konsep dan visi baru transportasi perkotaan yang hemat enegi akan diluncurkan pada acara ‘The Fifth Annual International Fuel Choices and Smart Mobility Summit’, yang akan berlangsung pada 31 October sampai 1 November di Tel Aviv.

CEO Asaf Formoza dan Chief Innovation Officer Udi Meridor, berbicara kepada ISRAEL21c pada saat konsep City Transformer itu sedang dirakit di Petah Tikva awal bulan Oktober ini.

Formoza, seorang sarjana teknik bergelar PhD dari Ben Gurion University mengawali pembicarannya:  “Kami memiliki kolaborasi dan kemitraan dengan beberapa perusahaan besar, antara lain Yamaha Motor Ventures; Altair yang membuat perangkat lunak simulasi untuk Ferrari; Fiat dan pabrikan lainnya untuk memastikan penanganan yang stabil; Rassini perusahaan suspensi kelas satu di Mexico yang bekerja sama dengan Mercedes; Maserati dan merk mewah lainnya”

City Transformer yang dibuat di Israel itu adalah mobil pintar bertenaga listrik yang roda kemudinya dapat dilipat dengan menekan sebuah tombol hingga menyusut selebar tempat parkir sepeda motor.  Mobil lipat ini disebut-sebut sebagai kendaraan pertama di dunia dari jenisnya.

Setelah sumbu roda dilipat, City Transformer yang mempunyai 2 tempat duduk akan menyusut dari 1,48 meter (dibawah 5 feet) menjadi hanya 1 meter (3,2 feet) lebarnya; dan panjangnya 2,35 meter (7,7 feet).

Meridor menambahkan: “Mobil ini memiliki 1.000 bagian suku cadang, bukan 30.000 bagian seperti mobil biasa”, dan biayanya hanya 1 Euro untuk berkendara sampai 100 kilometer”..

Mobil tersebut direkayasa untuk melaju hingga 90 kilometer (56 mil) perjam dalam mode berkendara dan sekitar 30 mph dalam mode parkir, pada saat mobil mulai menyusut sambil mencari tempat parkir.

Kendaraan ini memiliki kerangka alumunium dengan berat hanya 450 kilogram (992 pounds) diluar baterei, dan 2 penumpang.  Saat ini ukuran batereinya sedang diperhitungkan. “Kami sedang dalam negosiasi dengan salah satu produsen papan atas terbesar untuk produk baterei dan sumber daya listriknya”, kata Meridor.

City Transformer juga berencana menawarkan 3 tempat duduk untuk 1 orang dewasa dan 2 anak, (bisa dibayangkan betapa asyiknya mengantarkan anak-anak ke sekolah sebelum berangkat kerja dan menjemput mereka sepulang kerja); serta versi cargo kecil untuk satu tempat.

 

City Transformer is for urban transport. Photo: courtesy

 

Purwarupa City Transformer dirancang oleh Grup Yama di Kfar Netter Israel, dengan konsep menggabungkan perangkat lunak yang dikoneksikan dengan mobil,  dan akan diluncurkan sebagai mobil swakendara tahap 3 dengan pengereman dan percepatan yang dikendalikan computer.

Moridor mengatakan bahwa tujuan akhirnya adalah membuat model yang sepenuhnya swakendara (tahap 5).  “Kami memiliki keunggulan kompetitif, karena kami dapat menerapkan teknologi yang sangat cepat dan bermitra dengan perusahaan lain, saat teknologi yang dibutuhkan sudah siap”

Mobil yang sangat efisien dan hemat energi ini ditujukan untuk kebutuhan pribadi dan juga untuk armada perusahaan.

“Kami juga berharap untuk menggunakan City Transformer ini untuk stasiun car-sharing (semacam ojek mobil), karena hanya membutuhkan ruang yang hampir sama dengan bike-sharing (semacam ojek motor) dan itu adalah salah satu keuntungan besar,” kata Meridor

Formoza memulai perusahaannya pada tahun 2013 bersama 2 rekannya yaitu:

  • Gideon Goldwine sesama sarjana teknik bergelar PhD dari Ben Gurion University dan salah seorang pendiri tim mahasiswa untuk membangun mobil Formula SAE Israel yang pertama,
  • Erez Abramov seorang insinyur praktik dan pembalap berpengalaman dalam mengembangkan mobil balap

Pada bulan Mei 2013, para pendiri itu untuk pertama kalinya mempresentasikan City Transformer di EcoMotion, sebuah acara yang disponsori pemerintah dan industry yang bertujuan untuk menciptakan komunitas yang berkolaborasi dalam menemukan solusi alternatif transportasi pintar.  Acara tersebut mengilhami terselenggaranya The AnnualFuel Choises and Smart Mobility Summit yang akan berlangsung pada 31 October sampai 1 November di Tel Aviv.

Perusahaan City Transformer yang berkantor pusat di Ramat Gan merencanakan penggalangan dana Seri A pada awal 2018 untuk memproduksi 50 mobil pertama. Formoza mengatakan, model dasarnya mungkin berharga $10.000 dan model premiumnya $13.000 diluar baterei dan pajak.

 

 

Sumber artikel: israel21c.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *