Ingin Punya Bomber Jacket Yang Dicetak 3D Dan Didesain Khusus Untuk Anda?

Detail of Danit Peleg’s 3D-printed bomber jacket. Photo: courtesy

 

Pada Upacara Pembukaan Paralympic 2016 di Rio de Jaeniro ,Brazil, ada Amy Purdi, seorang gadis penari samba berkaki robot yang lincah bergerak mengikuti hentakan music dan irama yang cepat, membuat seluruh penonton terhenyak kagum.  Saat itu Amy Purdy mengenakan baju rancangan Danit Peleg yang dicetak 3 Dimensi.

Ingin baju seperti Amy Purdy? Sekarang kita bisa memesan sendiri melalui internet dengan spesifikasi sesuai keinginan kita.

 

American snowboarder Amy Purdy dances with a robot at the September 7 opening ceremony of the 2016 Paralympics in Rio de Janeiro (Courtesy YASUYOSHI CHIBA / AFP)

 

Danit Peleg menerima banyak pujian atas karyanya, sehingga ia memutuskan untuk menawarkan di internet agar masyarakat bisa memesan pakaian dengan cetak 3D sesuai selera masing-masing.  Peleg memulainya dengan Bomber Jacket edisi terbatas yang bisa dipesan untuk 100 pelanggan secara online seharga $1,500.

Pemesan bisa memilih warna jaket, tulisan yang akan dicetak diatasnya, serta menggunakan aplikasi khusus untuk sesi pemasangan secara virtual agar jaketnya bisa pas dengan sempurna.  Bagian-bagian jaket itu dicetak di Spanyol oleh perusahaan Recreus dengan menggunakan FilaFlex, kemudian dirakit dan dikirim dari Tel Aviv.

 

Teknologi pencetakan 3D ini memungkinkan kita membuat setiap bagian sangat unik, sehingga jacket sepenuhnya disesuaikan dengan postur pelanggan dan dipersonalisasikan seperti permintaannya.  Bagian luar jacket benar-benar bisa dicetak 3D, sementara bagian dalam jacket yang tidak bisa dicetak, akan dilapisi dengan sutera untuk menjamin kenyamanan si pemakai.

Peleg menyadari, bahwa pasti ada kendala teknologi, waktu cetak yang lama dan keterbatasan material yang membuat usaha pencetakan menjadi mahal dan akan menghambat usaha produksi secara masal.   “Tetapi untuk mendorong inovasi maju, kadang kita harus melakukan hal-hal yang nyaris tidak mungkin dilakukan, itu sebabnya saya meluncurkan platform online pertama untuk membeli pakaian cetak 3D”, demikian tutur Peleg.

Danit Peleg yang merupakan lulusan pasca sarjana dari Shenkar College of Engineering and Design pada tahun 2015 ini pernah membuat rancangan cetak 3D untuk seluruh koleksi busana siap pakai.  Dia juga pernah membuat TED-Talk, tampil di New York Times dan Wall Street Journal.

 

Artikel bersumber dari israel21c.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *