Inilah 10 Teknologi Traveling Terpopuler Yang Memudahkan Perjalananmu!

Photo courtesy of Voyjer

 

Orang Israel sangat gemar berwisata, dan sebagian besar lebih suka berwisata ke luar negeri, oleh karena itu aplikasi yang terkait dengan wisata menjadi hal yang populer saat ini. Dari hampir 300 perusahaan yang bergerak dibidang pariwisata di Israel, www.israel21c.org memilih 10 teknologi aplikasi wisata yang paling popular.

 

Gooster

Gooster membuat aplikasi yang terkait melalui chatbot gratis yang pada Facebook Messenger. Ketika Anda mengaktifkannya, Gooster akan bertanya kemana Anda ingin pergi dan apakah Anda ingin tahu lebih banyak tentang kafe yang terkenal atau tempat wisata terbaru di lokasi yang ingin dikunjungi.

Gooster memiliki database dengan 50.000 tip yang berguna serta rekomendasi jalur-jalur yang kurang dikenal, demikian kata CEO Ardon Wesley. Gooster saat ini tersedia untuk Tel Aviv, Amsterdam, dan Berlin. Sementara 4 kota lain sedang dipersiapkan untuk 6 bulan ke depan.

Sidekix

Jika Bitemojo adalah Waze untuk foodies, maka Sidekix adalah Waze untuk pejalan kaki. Jika suatu ketika Anda ingin mendapatkan rute tercepat dari lokasi A ke lokasi B dengan mobil, maka Anda dapat memilih jalur yang paling mengasyikan seperti melewati pasar, pusat jajanan, desa wisata, wisata malam dan masih banyak lagi. Anda dapat berbagi kepada teman-teman Anda, sehingga mereka dapat mengikuti jejak Anda.

Kepala Divisi Pemasaran Sidekix, Jenny Drezin mengatakan bahwa penduduk lokal menggunakan Sidekix sebagai “alat untuk menemukan jalur perkotaan”.  Aplikasi ini tersedia di ratusan kota seperti London, Paris dan New York City yang merupakan basis pengguna terbesar. Di Tel Aviv, penggunaan Sidekix makin terkenal sejak adanya perayaan “White Night” yang menunjukan serunya pesta malam terbaik dan konser-konser di luar gedung.

EatWith

EatWith adalah Airbnb untuk tempat makan. Pengguna aplikasi atau situs web ini dapat memesan tempat untuk pesta makan malam, dimana hidangannya dimasak oleh koki setempat yang terkenal di rumah mereka. Acara pesta makan malam ini lebih bernuansa sosial daripada makan sendirian di restoran. Ada aspek Tinder dalam aplikasi ini, dimana saat seorang wisatawan merasa lapar kemudian memesan makan malam, maka pemilik rumah (koki) dapat memilih tamu yang sesuai berdasarkan profil EatWith-nya. Harga dipatok berkisar antara $25 – $50 per orang. EatWith dimulai di Tel Aviv namun telah berkembang meluas ke 200 kota di seluruh Eropa dan Amerika Serikat dengan 650 host (koki tuan rumah) yang berpartisipasi. EatWith bukan hanya untuk wisatawan saja, namun penduduk setempat juga dapat mengaktifkan  EatWith saat mereka mencari alternatif yang unik dan berbeda untuk menjamu keluarga dan teman dekat. EatWith mengatakan bahwa sekitar 11.000 pengunjung telah dijamu di 50 negara.

Trailze

Jika Anda suatu ketika pergi hiking atau biking dan tiba di persimpangan jalan di mana Anda tidak yakin ke mana harus melangkah, Anda dapat menggunakan aplikasi Trailze dari Israel. Trailze menggabungkan kekuatan pemetaan GPS dengan apa yang disebut sebagai “database jalan, lokasi, dan informasi luar angkasa terbesar di dunia,” yang dibuat secara otomatis oleh 120.000 orang yang telah mendownload aplikasi ini. Pengguna bisa memilih tingkat kesulitan tertentu dan Trailze akan memilih rute yang terbaik.  Fitur Trailze seperti Waze yang memungkinkan pengguna untuk melaporkan kejadian di sepanjang jalan apakah itu tanah longsor atau jalan berlubang. Ada 5.000 jalur yang ada di Trailze, kebanyakan di Israel, dengan beberapa ratus lebih tersedia di Jerman, Inggris dan Amerika Serikat. Sampai sekarang, pengguna Trailze telah berjalan atau bersepeda sejauh satu juta mil.

ThemeGo

Saat Anda berkunjung ke lokasi yang luas dan memiliki banyak permainan seperti DisneyLand, bagaimana Anda bisa mengetahui wahana yang sesuai untuk keluarga dan dapat dijangkau dengan jalur terpendek. Disinilah aplikasi dan situs web ThemeGo memberi Anda informasi melalui ulasan dan peringkat dari pengguna lainnya.

TripAdvisor adalah salah satu contoh aplikasi yang serupa, tapi ThemeGo lebih cepat dan lebih sesuai target seperti adanya bagian yang menjelaskan mengenai atraksi, acara, restoran dan hotel. Tak heran, jika DisneyLand menempati urutan ke 6 teratas di ThemeGo top-ten.

Guiderr

Guiderr adalah satu dari dua perusahaan startup Israel yang membuat aplikasi untuk merencanakan liburan sesuai permintaan klien (biasanya keluarga). Perusahaan ini menggunakan jaringan biro perjalanan dan pemandu wisata untuk mengumpulkan informasi perjalanan pribadi bagi keluarga, bahkan bisa juga digunakan untuk mengatur rencana pertemuan dengan keluarga dikota yang akan dikunjungi.

Pengguna dapat mulai dengan memilih jadwal perjalanan untuk suatu kota tujuan (Israel, New York atau Jepang), lalu memodifikasi sesuai dengan tanggal dan kebutuhan tertentu. Setiap rencana perjalanan harus mencantumkan panduan yang dapat diperluas dengan adanya pertanyaan-pertanyaan sebelum melakukan pemesanan.  Bagi pemandu wisata, Guiderr telah membangun platform online sendiri di mana pemandu wisata dapat mengelola bisnis mereka, mulai dari permintaan hingga reservasi.

RoutePerfect

RoutePerfect menawarkan rute perjalanan yang sedikit berbeda dengan situs-situs web perjalanan wisata.Tidak seperti Voyjer, yang menggunakan pemandu wisata lokal untuk memetakan perjalanan Anda, RoutePerfect melakukannya secara otomatis melalui paket ‘single-click-of purchase’

Anda masuk ke mana Anda ingin memulai dan mengakhiri perjalanan Anda, jenis liburan yang Anda cari, berapa hari perjalanan Anda, dan berapa anggaran Anda, apakah ekonomis, moderat atau mewah. RoutePerfect kemudian menyarankan kota mana yang harus Anda kunjungi, di mana Anda harus tinggal dan bagaimana Anda harus berkeliling mengunjungi lokasi wisata. Jika semua pilihan itu sangat banyak, ada rencana perjalanan siap pakai yang bisa dipilih. Saat ini RoutePerfect hanya mencakup destinasi di Eropa.

Bitemojo

Wisata Kuliner saat ini memang sedang booming dan digemari. Aplikasi Israel Bitemojo menyediakan tur makanan terpandu di Yerusalem, Tel Aviv, Berlin, Roma dan Barcelona. Bitemojo bukan hanya pemandu wisata, tapi Anda benar-benar dapat memesan tur icip-icip/testfood di enam restoran yang berbeda sepanjang jadwal yang telah ditetapkan. Di Yerusalem, misalnya, Anda bisa berkeliling ke kawasan pasar Machane Yehuda atau Kota Tua. Bahkan ada beberapa tur vegan di Tel Aviv. Anda membayar di restoran menggunakan voucher e-BiteMojo. Biaya Wisata berkisar rata-rata antara $ 25- $ 50 per orang. Aplikasi ini membantu menghilangkan foodie FOMO (ketakutan bahwa Anda melewatkan restoran terbaik di kota). “Semua orang ingin makan apa yang dimakan penduduk setempat,” kata CEO Bitemojo Michael Weiss, yang juga mendirikan perusahaan wisata kuliner Yalla Basta. Bitemojo berencana menambahkan informasi untuk beberapa kota di Eropa pada tahun 2017.

SeeVoov

SeeVoov (Ibrani: putaran) lebih merupakan perusahaan teknologi daripada bisnis pelayanan  wisata. SeeVoov menyebut dirinya sebagai “perencana perjalanan papan atas”. Perusahaan ini  merambah ke YouTube dan mengumpulkan video untuk setiap destinasi yang Anda minta.

Pilih Kroasia misalnya, maka SeeVoov akan menemukan semua video perjalanan tentang negara ini dan memutarnya satu demi satu.  Rahasianya adalah mesin pencari otomatis yang menandai video berdasarkan analisis gambar.  Hal ini membuat SeeVoov sangat terukur, perusahaan dapat terus menambahkan kota tanpa menambahkan staf. Situs ini masih dalam versi beta dan belum jelas bagaimana SeeVoov bermaksud menghasilkan uang.

RoomsNinja

Room Ninja adalah sebuah aplikasi reservasi kamar hotel dimana harga kamar hotel rata-rata dapat berubah 18 kali antara saat pemesanan dan saat check in. Kadang, harga bisa turun hingga 60%.
“Seringkali pemesanan kamar terasa lebih seperti perjudian” Ungkap CEO RoomNinja, Pmry Litvak kepada Israel21c.  Algoritma RoomNinja mengamati reservasi dan memesan ulang untuk Anda (tentunya dengan ijin anda) saat harga turun cukup rendah.  Aplikasi RoomNinja mencakup 40.000 hotel di seluruh dunia.

 

Sumber artikel ada di sini.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *